468x60 Ads

Sunday, May 4, 2014

OTOT


FUNGSI SISTEM OTOT KITA

     Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fungsi seperti untuk alat gerak, otot juga dapat bergerak kerana adanya sel otot. Ia menyimpan glikogen dan menentukan  postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka. Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang, kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan. Otot Tubuh Manusia meliputi 40% - 50 % dari berat tubuh. Otot bersifat elsatis, dapat diregangkan, dapat dirangsang dan berkontraksi. Tulang-tulang tidak dapat bergerak tanpa adanya otot sehingga otot sering disebut alat gerak aktif. Berdasarkan lokasi, struktur otot dan pengawalan dari saraf.

Otot memiliki tiga kemampuan khusus iaitu : 
A) kontraktibilitas : kemampuan untuk berkontraksi / memendek
 

B) Ekstensibilitas : kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang 
     ditimbulkan saat kontraksi 

C) Elastisitas : kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi. 
     Saat kembali pada ukuran semula otot disebut dalam keadaan relaksasi.
 

Fungsi yang paling jelas dari otot adalah gerakan. Gerakan volunter melibatkan upaya sadar pada bahagian dari individu, dan contoh-contoh meliputi berjalan, membongkok, memutar, dan mengangkat. Hal ini juga termasuk gerakan motoriknya, seperti menulis atau memainkan alat musik. Jenis otot biasanya bertanggung jawab untuk gerakan volunter disebut rangka, itu adalah otot lurik yang memiliki penampilan terbalut atau bergaris di bawah mikroskop. Otot rangka yang melekat pada tulang dan menghasilkan gerak dengan kontraksi, atau pengetatan, dan relaksasi. Fungsi lain dari otot-otot dalam tubuh manusia adalah dukungan. Otot rangka terus bekerja untuk mendukung tubuh dan membantu untuk mempertahankan postur, adakah seseorang itu duduk atau berdiri. Otot-otot ini juga mendukung, menstabilkan, dan memperkuatkan sendi dengan memegang tulang dalam posisi yang tepat, terutama di daerah di mana bahagian-bahagian dari sendi yang berlaianan seperti bahu dan pinggul. Otot rangka juga sangat penting dalam menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan dan kemampuan untuk melakukan berbagai tugas fizik. 
Otot juga digerakkan secara tidak sengaja, Contohnya pernafasan, gerakan makanan melalui sistem pencernaan, dan denyutan jantung. Pergerakan ini terjadi tanpa usaha dari individu, dan banyak dari mereka mempertahankan hidup dan melanjutkan jika seseorang sedang tidur atau tidak sedar. Berbagai isyaratl mengendalikan tindakan disengaja, kecuali untuk otot jantung lurik.


Otot mempunyai 3 jenis dan ciri iaitu : 
a) Otot polos - bentuknya gelendong, kedua hujungnya meruncing dan di bahagian tengahnya menggelembung. Mempunyai satu inti sel dan tidak mempunyai garis-garis melintang (polos)

b) Otot lurik - berbentuk selinder serta memenjang. Kelihatan garis-garis melintang yang tersusun seperti daerah gelap dan terang secara berselang-seli. Mempunyai banyak cabangan sel

c) Otot jantung - hanya terdapat pada jantung. Strukturnya sama seperti otot lurik. Otot jantung tidak boleh dikendalikan oleh kehendak kita. Tetapi sesuai bekerja dengan gerakkan jantung. Otot jantung sama bentuknya seperti oto lurik tetapi bekerja seperti otot polos. Ia juga disebut otot yang istimewa

Mempertahankan otot yang kuat sangat membantu untuk kesihatan umum dan kesejahteraan tubuh badan kita.

0 comments:

Post a Comment